Selasa, 24 Januari 2012

Tv Sharp Picolo Proteg

Banyak terjadi kesalahan tabsir dalam mereparasi kerusakan pada tv sharp yang kerusakanya menyebabkan proteg.seperti yang terjadi pada seorang teman yang datang pada saya dengan membawa sebuah mesin tv sharp Picolo yang kerusakanya apabila tv dinyalakan langsung proteg bukan stenby .menurut keteranganya tv tersebut udah dia ganti IC STR W5453 nya.tapi tetap aja proteg,ya benar aja lawong sunber proteknya bukan disitu.setelah beberapa saat kami mengobrol lalu dia serahkan mesin tv tadi pada saya.
kemudian saya coba nyalakan dan teryata bener tv protek ukur semua tegangan di semua bagian normal .
tv ini mengunakan IC IXB8554JWZZ.vertikal LA78040B
Dugaan saya tertuju Pada Playbacknya,kemudian aku ganti dengan Playback lain dan coba nyalakan,ee...it! masih  tetep proteg Apane neh ki
teringa pada kerusaka tv sharp vonder yang pernah nangkrin di meja kerjaku dengan kerusakan sama persis seperti ini.
Kemudian tak telururi satu persatu komponen yang berhubungan dengan jalur hiter dan 180 v.Ahirnya ketemu juga biang kerok penyebab ter protegnya tv ini.



Yaitu Resistor170kohm yang lokasinya R625 ter ukur putus,setela aku ganti dengan yang masih bagus kemudian tv tak coba lagi mak byar tv pun nyala dengan normal.kemudian aku ganti playbacknya dengan yang aslinya lagi tv taknyalakan malah kembali proteg,kalau demikian kerusaka terjadi pada kedua komponen tersebut,setelah playbac aku ganti lagi dengan yang masih ok tv pun bisa kembali normal,dan selesailah pekerjaanku,Nah itu aja SEMOGA BERMANFAAT...!!

ARTIKEL TERKAIT:

13 komentar:

  1. menarik banget uraian nya,,trimakasih kang,moga tambah jaya saja,,,bengkel servis tv nya,,,

    BalasHapus
  2. mas, sy punya tv sharp model 25fn2a. Lampu indikator cuma kedip2. Trus sy buka sendiri box nya keliatan ada resistor yg hangus, warnax kuning ungu yg bisa trbaca tp gelang yg ke 3 dan ke4 udh gosong. R710 kalw tdk salah. Nah pertanyaan sy, kira2 brapa ya nilai R tsbt, sy pengen coba ganti sndiri dulu sblm dibwa ktukang service. Mksh sblmx mas, semoga servisanx lancr terus dan berkah. Amin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tv nya pakai Ic apa..? Nanti tak coba bantu cari sekemanya

      Hapus
  3. mas tolong tv sharp yang memakai ic IXC844WJZZQ VERTIKAL LA78040B JIKA TOMBOL DI ON ADA SUARA NYALA 3DETIK TV MATI LAGI MESIN TV KEADAAN BAGUS CEK KOMPONEN GAK ADA YANG GOSONG TOLONG BANTUANYA MAS KIRA2 APANYA YA......???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah berkunjung salam kenal!!.Coba cek komponen yang berhungan dengan bagian horisontal kemungkinan fbtnya rusak coba ganti dengan fbt yang normal dulu

      Hapus
  4. gan salam knal,,,aq numpang nimbrung ni,soal nya blog gan punya ok banget sangat membantu saya,smoga sukses selalu,,,,,amin

    BalasHapus
  5. mas tv saya sharp.g ada gambarnya,cuman standby,tuw yg rusak apanya ya.cos saya g terlalu ngerti srvis tv,terima kasih...

    BalasHapus
  6. Makasih Info nya mas..sangat bermanfaat,semoga sukses selalu..

    BalasHapus
  7. Mas initv sharp pkai ic1XD062WJZZQ mati cuma lampu powernya kedip2 tidak terang,dan ada bunyi tek2 di power suplay

    BalasHapus
  8. Mantap ilmunya boss...
    Terimakasih...👍👍

    BalasHapus
  9. Bang mau tanya kalo resistor R611 Berapa ohm ya.punyaku gelang nya dah ga keliatan ..

    BalasHapus